Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Workshop Penyusunan Program Kerja dan RBI 2019

PPPPTK PKn dan IPS mengadakan Workshop Penyusunan Program dan RBI Tahun 2019 di Ibis Styles Hotel Malang, 12 sampai dengan 15 Desember 2018. Tujuan workshop ini ada empat hal, yaitu:

 Meninjau kembali target Renstra 2014-2019 beserta ketercapaiannya

  1. Menyusun Program Lembaga Tahun 2019 dan rencana target capaiannya
  2. Menyusun Peta Proses Bisnis lembaga
  3. Menyusun Program RBI Tahun 2019 dan rencana target capaiannya
Penyusunan Program Kerja dan RBI TA 2019
Penyusunan Program Kerja dan RBI TA 2019

 

Kegiatan penyusunan program kerja ini diselenggarakan untuk mendapat masukan dari seluruh internal lembaga. Oleh karena itu, seluruh unsur internal dilibatkan dalam workshop ini untuk berperan aktif dalam kegiatan, yaitu terdiri dari:

  1. pejabat struktural;
  2. pejabat fungsional;
  3. kepala departemen;
  4. widyaiswara;
  5. staf seksi dan subbagian;
  6. tim RBI;
  7. tim penyusun RKAKL;
  8. Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu;
  9. Tim Unit Layanan Pengadaan;
  10. Staf perpustakaan; dan
  11. Tim Satuan Pengawas Internal.
Penyusunan Program Kerja TA 2019Pemaparan program kegiatan oleh Kepala Bidang Program dan Informasi, Nasikh Lil Sidi, S.Pd.

 

Pelibatan seluruh unsur internal dalam perencanaan program kerja organisasi berguna dalam hal berikut ini:

  • Seluruh anggota organisasi akan memiliki semangat kebersamaan dalam melaksanakan program kerja.
  • Setiap anggota organisasi akan memiliki rasa tanggung jawab dalam mewujudkan capaian dari program kerja.
  • Perilaku organisasi partisipatif merupakan hal positif bagi pembangunan budaya organisasi dan juga dalam pandangan pihak eksternal.

Sebelum dilakukan penyusunan Program Kerja TA 2019, terlebih dahulu para peserta bersama-sama meninjau kembali Renstra 2014 - 2019 untuk melakukan revisi sesuai dengan perubahan kebijakan di tingkat pusat. Format Renstra dibagi menjadi dua untuk direview oleh peserta yang juga telah dibagi menjadi dua kelompok besar.

Setelah selesai melakukan review renstra, kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan Program Kerja 2019. Peserta kembali dibagi menjadi dua, yaitu kelompok Bidang dan kelompok Bagian Umum. Masing-masing kelompok menyusun, membahas usulan, dan membuat prioritas progam yang akan diajukan untuk dimasukkan ke dalam Program Kerja TA 2019.

Penyusunan Peta Proses Bisnis PPPPTK PKn dan IPS
 Penyusunan Peta Penyusunan Peta Proses Bisnis PPPPTK PKn dan IPS dipandu oleh Hj. Juliasih, S.H. selaku Kepala Subbagian Tata Laksana dan Kepegawaian.

 

Penyusunan Program RBI yaitu Penyusunan Peta Proses Bisnis dilaksanakan pada hari ketiga. Pada sesi pertama Kepala Bagian Umum selaku Ketua Tim RBI, Bapak Sumadianto Affandi, memaparkan kembali secara umum gambaran RBI yang harus segera dilaksanakan oleh lembaga. Ibu Juliasih selaku Kepala Subbagian Tata Laksana dan Kepegawaian melanjutkan memaparkan tentang Peta Proses Bisnis yang akan disusun. Peta bisnis proses menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antarorganisasi/antarbagian untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan.

Penyerahan resume hasil workshop kepada Bapak SubandiPenyerahan resume hasil workshop kepada Bapak Subandi.

 

Acara diakhiri dengan penyerahan resume kegiatan oleh Kepala Bagian Umum, Sumadianto Affandi, S.Pd., M.M., kepada Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Drs. H. Subandi, M.M.

 

Search