Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Rakor Evaluasi Program 2018 dan Sosialisasi Program 2019

Mengawali tahun 2019, PPPPTK PKn dan IPS mengadakan Rakor Evaluasi Program 2018 dan Penyampaian Program Lembaga 2019, Senin (7 Januari 2019). Kepala PPPPTK PKn dan IPS Drs. H. Subandi, M.M. memimpin rakor dengan menyajikan pemaparan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan program lembaga tahun 2019.

Salam Pancasila

Dalam mengawali kegiatan rakor ini, peserta diajak oleh Bapak Subandi untuk menggaungkan kembali Yel-Yel Salam Pancasila sebagai berikut:

Komando: Salam Lima Sila, dijawab seluruh peserta: PANCASILA

Komando: Pancasila, dijawab seluruh peserta: JAYA SEPANJANG MASA

Komando: NKRI, dijawab seluruh peserta: HARGA MATI

Yel-Yel Salam Pancasila tercipta saat peluncuran Video Pembelajaran Penguatan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada 29 November 2018 lalu sebagai motivasi penyemangat dalam mendukung program-program lembaga yang erat kaitannya dengan perubahan nomenklatur lembaga dari PPPPTK PKn dan IPS menjadi PPPPTK PPKn dan IPS (Pendidikan Kewarganegaraan menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).

Program Kegiatan 2019

Program-program 2019 dipaparkan Bapak Subandi sebagaimana rakor-rakor sebelumnya, yang di antaranya adalah Workshop Penyusunan Program dan RBI pada 15 Desember 2018 lalu. Program bidang akademik 2019 antara lain sebagai berikut.

Program Peningkatan Kompetensi Guru

  • Penyusunan Bahan/Pedoman
  • Rapat Koordinasi
  • Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru
  • Pemberian Bantuan Pemerintah 
  • Pendampingan dan Supervisi

Model-Model Inovasi Peningkatan Kompetensi 

  • Penyusunan Bahan/Pedoman
  • Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Guru
  • Pelatihan Berbasis Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
  • Pengembangan Media Pembelajaran tentang Implementasi Nilai-Nilai Pancasila
  • Pengembangan Model Pembelajaran Pancasila yang Menyenangkan
  • Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah
  • Pengembangan Pelatihan Berbasis Online
  • Workshop/Lokakarya/Seminar 
  • Pengembangan Sistem Pelatihan

 

Rakor Evaluasi Program 2018 dan Penyampaian Program Lembaga 2019Rakor Evaluasi Program 2018 dan Penyampaian Program Lembaga 2019

 

Peningkatan Sarpras, Budaya Kerja, dan Publikasi

Selain akademik, Bapak Subandi menyampaikan bahwa program tersebut juga harus didukung dengan peningkatan sarana prasarana, budaya kerja, dan publikasi. Salah satu penyesuaian sarana gedung terhadap program ini adalah perubahan nama-nama gedung mengambil istilah-istilah kebangsaan. Dalam budaya kerja, lembaga bisa menerapkan salah satu metode pengelolaan tempat kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang diterjemahkan menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) untuk meningkatkan pelayanan bagi publik. Sementara itu, dukungan yang tak kalah penting bagi lembaga menurut beliau adalah Informasi dan Publikasi. Melalui berbagai media, baik media cetak maupun online, lembaga perlu memublikasikan program, kinerja, dan produk lembaga. Beliau mengingatkan bahwa banyak kegiatan para widyaiswara terutama kerja sama lembaga yang dapat dipublikasikan sebagai bagian dari laporan prestasi lembaga. Untuk itu, perlu penataan administrasi terkait pendokumentasian kegiatan widyaiswara tersebut.

Pengembangan Internal Lembaga

Ada tiga urgensi yang disampaikan Bapak Subandi terkait program pengembangan internal lembaga. Pertama, perlu dibentuk tim advokasi yang menangani permasalahan hukum. Kedua, Perlu digalakkan lagi seminar kolegial secara rutin untuk peningkatan kualitas dan pengembangan akademik. Ketiga, perlu peningkatan kedisiplinan pegawai melalui monitoring kehadiran dan pemberlakuan sistem reward dan punishment bagi pegawai sebagai ASN. Dengan semua program yang dipaparkan di atas, Bapak Subandi mengajak seluruh pegawai optimis menyongsong keberhasilan reformasi birokrasi lembaga.

Search