Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Kabar dari Guru Profesional Indonesia di Negeri Tirai Bambu (01)

Upacara Pembukaan di Jiangshu Institute of Architectural Technology

Kegiatan pembukaan Program Pelatihan di China untuk Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dilaksanakan di Jiangshu Institute of Architectural Technology di Kota Xuzhou pada tanggal 4 Maret 2019 pukul 14.00. Pembukaan kegiatan dihadiri oleh beberapa pejabat akademik di lingkungan Kampus China University of Mining and Technology (CUMT), Jiangshu Institute of Architectural Technology dan Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Dr. Praptono.

Dok. Pribadi, Maret 2019
Peserta dari PPPPTK PKn IPS menggunakan seragam putih hitam dengan kombinasi warna merah

Kedua belas peserta kegiatan utusan dari PPPPTK PKn IPS yang terdiri atas 2 pendamping dari unsur Widyaiswara yaitu Erning Wijayati, S.AB, M.M   dan Sucahyono, MJ, M.Pd, dan kesepuluh guru SD dan IPS SMP bergabung dengan peserta kegiatan dari instansi lain,yaitu peserta dari Direktorat Guru Pendidikan Dasar, LPPKS dan Setditjen GTK menyimak dengan tertib seluruh rangkaian kegiatan pembukaan.

 

 

Rangkaian kegiatan pembukaan sebagai berikut :

Diawali dengan sambutan dari Prof. Sun Ji Vice President of Jiangshu Institute of Architectural Technology , yang menyatakan program pelatihan bagi guru dan kepala sekolah berprestasi ini merupakan kerjasama yang komprehensif antara Indonesia dengan China melalui pertukaran budaya dan pendidikan. Prof. Sun Ji memberikan ucapan selamat datang di Kota Xuzhou yang merupakan kota tempat kelahiran budaya Dinasti Han. Lebih lanjut, disampaikan pula bahwa Jiangshu merupakan salah satu model sekolah tinggi kejuruan di China yang aktif merespon dan menerapkan strategi pengembangan pendidikan dan menjadi salah satu perguruan tinggi terkenal dan berpengaruh di Asia Pasifik. Akhir sambutan, Prof. Sun Ji menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan adanya kerjasama ini.

Dokumentasi Pribadi Maret 2019
Pejabat yang hadir saat Pembukaan

 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan perwakilan dari salah satu peserta kegiatan, diawali dengan ucapan terimakasih peserta kepada pihak kampus tempat terselenggaranya kegiatan dan apresiasi yang setinggi-tingginya  kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk menimba pengetahuan di luar negeri. Disampaikan pula, bahwa bagi seorang guru, kepala sekolah, dan peserta pelatihan pada umumnya, pendidikan merupakan sesuatu yang menjadi nadi dalam kehidupan karena setiap harinya bersentuhan dengan peserta didik. Oleh karena itu, sangat penting bagi peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan memperoleh pengalaman baik dari pendidikan di China. Guru, Kepala Sekolah Indonesia dan China dapat saling bertukar pikiran dengan saling menceritakan pengalaman terbaiknya.


Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Dr. Praptono diawali dengan memperkenalkan unsur peserta pelatihan yang terdiri dari guru, kepala sekolah, Widyaiswara dan staf yang bergerak di bidang pendidikan. Dr. Praptono menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru secara pedagogik dalam memfasilitasi peserta didik untuk  dapat bersaing di era Revolusi 4.0. Program ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk membangun komunikasi dan hubungan secara global dan mempertinggi emampuan untuk bersaing secara global pula. Disampaikan pula, bahwa sebelum pelatihan, peserta telah mengikuti kegiatan Pre Departure untuk mempersiapkan dan mengarahkan peserta agar sesuai dengan tujuan pelatihan, kemudian setelah pelatihan , peserta akan mengikuti past departure sebagai bentuk pertangungjawaban dan komitmennya untuk menyampaikan dan memberikan masukan tentang apa yang sudah dipelajari dan rencana aksi yang akan dilakukan di lembaga masing-masing. Akhirnya , disampaikan mengenai 4 pesan yang perlu diperhatikan oleh semua peserta 1)  kedisiplinan, peserta harus dapat mengatur waktu dengan baik dan mentaati jadwal yang telah ditentukan, 2) tidak perlu mengkhawatirkan tentang kendala bahasa, karena akan ada penterjemahnya , 3) gali pengetahuan sebanyak mungkin, dan cobalah diadaptasikan pada proses pembelajaran yang sudah ada, optimalkan kegiatan-kegiatan diskusi dan 4) selain belajar, peserta juga diberikan waktu untuk istirahat.

Dokumentasi Pribadi, 2019
Direktur Pembinaan Guru dikdas bersama utusan dari P4TK PKn IPS

 

Acara Pembukaan diakhiri dengan Sessi foto bersama semua peserta dengan pejabat Universitas, pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan semua pihak yang terkait.

Dokumentasi Kepanitiaan, 2019


Selanjutnya peserta akan mengikuti kegiatan Training Program in China for Excellent Teachers and Principals of MOEC Republic of Indonesia sampai dengan tanggal 23 Maret 2019.

Penulis : Erning Wijayati, S. AB, M.M
Dirilis oleh : PPPPTK PKn dan IPS
Foto : Erning Wijayati, S. AB, M.M

 

 

Search