Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Kabar dari Guru Profesional Indonesia di Negeri Tirai Bambu (02)

Introductory Prentation of CUMT and Orientation dan Basic Chinese Course (1)

Kegiatan hari ini adalah Introductory Prentation of CUMT and Orientation dan Basic Chinese Course (1). Pada materi Introductory Prentation of CUMT, peserta menerima materi secara pleno.Sessi 1, diisi oleh Narasumber Keimigrasian Haoren Feng (Exit entry Administration Department of Imigration). Materi pertama ini memberikan pemahaman mendasar tentang tata kehidupan di China.  Pembahasan terdiri dari tata tertib berlalu lintas, penegakan hukum mengenai obat-obatan terlarang, perampokan, maupun sanksi bagi pendatang tanpa ijin dan prosedur pengurusan paspor yang hilang.

Narasumber kedua dalam kuliah pleno disampaikan oleh Honghai Li (Vice President of Student Exchange Program CUMT),  yang menjelaskan tentang CUMT terkait dengan lokasi, sejarah dan perkembangan Universitas, fasilitas kampus,  jumlah mahasiswa dan informasi fakultas. Fakultas yang ada di CUMT terbagi menjadi 5 besaran 1) Mining, 2) Construction & Environment, 3) Energy & Resources, 4) Mining & Equipment, dan  5) Humanities & Economics, dengan total fakultas sebanyak 21. Dalam materi ini juga diberikan pengetahuan tentang kedisiplinan di kelas, seperti 1) hadir tepat waktu dan ijin jika berhalangan hadir, 2) tidak diperkenankan meninggalkan kelas sebelum pelajaran selesai, 3) tidak pergi sendiri ke luar kampus.

Selain itu, pengetahuan tentang keselamatan misalnya, mematuhi peraturan di China, tata tertib kampus, menghormati kehidupan sosial dan kebiasaan masyarakat di sekitarnya, mentaati tata aturan lalu lintas dan keamanan barang milik pribadi.

Haoren Feng (Exit entry Administration Department of Imigration)  

 

Honghai Li (President of Student Exchange Program CUMT)

 

materi pleno selesai, selanjutnya peserta dibagi menjadi kelompok kelas dan bersiap untuk menerima materi selanjutnya tentang Basic Chinese Course (1) oleh Sun Binfang (Lecture of CUMT). Sessi ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang Bahasa Mandarin. Dalam bahasa mandarin dikenal adanya 1) initial, 2) tone, 3) final. Tone yang berbeda memberikan makna yang berbeda pula, sehingga peserta perlu berlatih beberapa kali agar sesuai antara tone dengan maknanya.

Sun Binfang (Lecture of CUMT) 

Di sesi ini,  peserta memperoleh pengetahuan tentang bagaimana memperkenalkan diri dalam Bahasa Mandarin dan pengenalan bahasa-bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari (polite language). Peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan berbahasa mandarin sesuai dengan materi hari ini, baik dengan cara menirukan cara berbicara narasumber maupun praktek memperkenalkan diri dengan temannya. 

Peserta berlatih komunikasi dalam bahaasa mandarin

Kegiatan pelatihan hari ini selesai, setiap peserta wajib menuliskan jurnal harian hari ini berupa pengalaman belajar, permasalahan yang dihadapi, upaya pemecahan dan sebagainya. Upaya pemecahan dapat ditempuh dengan melakukan diskusi dengan tim saat kegiatan koordinasi seusai materi selesai atau bertanya kepada narasumber keesokan harinya. 

 

Penulis : Erning Wijayati, S. AB, M.M

Dirilis oleh : PPPPTK PKn dan IPS

Foto : Erning Wijayati, S. AB, M.M

 

 

Search