Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Kabar dari Guru Profesional Indonesia di Negeri Tirai Bambu (03)

Basic Chinese Course (II) dan Basic Chinese Course (III)

 

Kegiatan hari ini diawali dengan mereview kembali materi Basic Chinese Course (I) tentang cara memperkenalkan diri dan bahasa percakapan sehari-hari sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya. Beberapa peserta diminta untuk melakukan percakapan dengan teman sebangkunya dan beberapa peserta yang lain diminta untuk menjawab sapaan maupun pernyataan yang disampaikan oleh narasumber. 

 

Materi Basic Chinese Course (II) dilanjutkan dengan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Mandarin tentang bagaimana berbelanja, melakukan penawaran dan mendeskripsikan barang yang ingin dibeli. Sebelum masuk ke materi tersebut, terlebih dahulu peserta diberikan pengetahuan tentang angka dan mata uang (Renminbi).

Narasumber menyampaikan materi dengan meminta peserta melafalkan kembali apa yang sudah diucapkan narasumber mengenai angka, mata uang, maupun intonasi dari setiap kata. Penyebutan angka diberikan dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan juga bagaimana jika dikombinasikan dengan angka yang lain, misalnya 15 (kombinasi dari 10 dan 5), 150 (kombinasi dari 100 dan 50, dsb).

 

Topik lain yang dibahas adalah bagaimana melakukan penawaran dan mendeskripsikan barang yang dibeli, sehingga perbendaharaan kata peserta bertambah tentang bagaimana mendeskripsikan warna, jenis pakaian, ukuran, dan sebagainya. Materi ini akhirnya ditutup dengan praktek melakukan percakapan jual beli dengan mengombinasikan pengetahuan mengenai mata uang, mendeskripsikan barang secara berpasangan dengan teman sebangku.

 

Seusai istirahat, peserta menerima materi Basic Chinese Course (III) tentang Ordering Food. Sebelum masuk ke materi tersebut, narasumber melakukan review terhadap Materi Basic Chinese Course II. Pada materi ini, peserta diberikan pengetahuan dan ketrampilan berbahasa Mandarin tentang bagaimana memesan makanan, terutama dibahas juga mengenai makanan yang halal. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan dimulai dari saat memesan makanan, mengenali menu makanan, cara memesan makanan, dan perbendaharaan kata tentang rasa (taste). 

Materi Basic Chinese Course (III) merupakan materi terakhir dari Narasumber Sun Binfang, peserta utusan dari P4TK PKn IPS memberikan suvenir kepada Narasumber sebagai ucapan terimakasih. Guru (lao shi), begitulah peserta memanggil narasumber Sun Binfang, telah memberikan pemahaman dan keterampilan sehingga peserta mempunyai kemampuan dasar berkomunikasi sehari-hari dengan masyarakat sekitar dimulai dari bagaimana memperkenalkan diri, percakapan sehari-hari (polite language), bagaimana belanja dan menawar barang hingga bagaimana memesan makanan. 

Perwakilan peserta ditunjuk untuk memberikan suvenir dan menceritakan mengenai suvenir tersebut misalnya nama, dan asal daerah, pada kesempatan ini, peserta memberikan rok batik dan dompet dari Kalimantan sehingga narasumber pun mengenal kerajinan hasil kebudayaan Indonesia.

 

Seluruh rangkaian pembelajaran Basic Chinese Course I  III telah menambah perbendaharaan kata peserta mengenai Bahasa Mandarin dan sangat berguna khususnya selama beberapa hari ke depan selama pelatihan berlangsung. Xie xie, Lao shi! (Terimakasih, Guru!)

 

Penulis : Erning Wijayati, S.A.B., M.M.

Foto : Erning Wijayati, S.A.B., M.M.

Penyunting: Tricahyo Abadi

Search