Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Serah Terima Jabatan Kepala PPPPTK BOE

Mendikbud: Hasil Ujian Nasional sebagai Dasar Kebijakan Pembinaan Guru

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendorong agar hasil Ujian Nasional (UN) dijadikan dasar dalam mengambil kebijakan pembinaan guru. Mendikbud menyampaikan pesan tersebut dalam acara serah terima jabatan Kepala PPPPTK BOE dari Sumarno, pejabat lama, kepada Subandi, Kepala PPPPTK PKn dan IPS sebagai pejabat pelaksana tugas, Kamis (04/04/2019). 

Acara sertijab Kepala PPPTK BOE berlangsung khidmatAcara sertijab Kepala PPPTK BOE berlangsung khidmat

 

“Perlu Pemetaan masalah (problem mapping) SMK per bidang seluruh Indonesia,” ujar Muhadjir.

 

Menurut Muhadjir, analisis hasil UN pada tiap sekolah harus dijadikan dasar untuk intervensi perbaikan mutu guru-gurunya. Dalam rangka itu, Mendikbud mengimbau agar PPPPTK BOE turun langsung ke daerah agar langsung tahu kondisi SMK dan guru sebenarnya, alih-alih mengundang mereka ke pusat. Dengan demikian, pembinaan guru benar-benar berbasis data kebutuhan di lapangan.

 

“Kepada pejabat pelaksana tugas Kepala PPPPT BOE, saya akan minta laporan peta SMK seluruh Indonesia per bidang yang menjadi tanggung jawab departemen yang ada di PPPPTK BOE untuk diidentifikasi mana yang harus segera diintervensi,” tegas Muhadjir.

 

Muhadjir juga menyampaikan terima kasih kepada kedua pejabat atas dedikasi dan komitmen mereka selama menjalankan dan menerima tugas. Melalui Surat Perintah Mendikbud Nomor 24608/A.A3/Kp/2019, Muhadjir menunjuk Subandi sebagai Pelaksana Tugas (plt) Kepala PPPPTK BOE terhitung mulai 21 Maret 2019. Subandi akan menjabat sebagai pelaksana tugas Kepala PPPPTK BOE hingga ada penetapan pejabat definitif.

Sumarno, kini Pengembang Teknologi Pembelajaran di Pustekkom, menyerahkan jabatan Kepala PPPPTK BOE kepada Subandi
Sumarno, kini Pengembang Teknologi Pembelajaran di Pustekkom, menyerahkan jabatan Kepala PPPPTK BOE kepada Subandi

 

Dalam acara itu, Sumarno mengucapkan terima kasih seluruh manajemen, staf, dan keluarga atas dukungan dan dedikasinya. Per 20 Maret 2019, Sumarno telah menduduki jabatan fungsional sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama di Pustekkom, Kemendikbud. 

 

Kepada pejabat pelaksana tugas, Sumarno menyerahkan program-program yang telah dirancang, yaitu: revitalisasi alat bengkel secara bertahap, pembenahan infrastruktur kantor, regenerasi kebutuhan SDM khususnya widyaiswara, dan pencapaian target program reformasi birokrasi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sertijab Kepala PPPTK BOE dari Sumarno, kini PTP Pustekkom, ke Subandi, Kepala PPPPTK PKn dan IPS, sebagai pejabat pelaksana tugas.
Sertijab Kepala PPPTK BOE

 

Untuk melanjutkan rancangan program yang disampaikan Sumarno, Subandi meminta tiga komitmen sinergi seluruh SDM PPPPTK BOE, yaitu: kebersamaan, keharmonisan, dan kekompakan. Sambutan teriakan “siap” seluruh pegawai PPPPTK BOE yang hadir dalam meneguhkan komitmen tersebut. 

 

Penulis: Tricahyo Abadi

Foto: Mamik Suryono Kusdi

Search