Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Kepala PPPPTK PKn dan IPS Raih Gelar Doktor Ilmu Sosial

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Drs. H. Subandi, M.M., meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Sosial di Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang (Unmer Malang). Dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor yang digelar hari ini, Selasa (28/05/2019), Subandi sebagai promovendus berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan di SMK Muhammadiyah 7 Malang” serta dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

a

Drs. H. Subandi, M.M. di tengah proses ujian terbuka.

 

Sidang dibuka oleh Rektor Unmer Malang Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si. dan diketuai oleh Prof. Dr. Grahita Chandrarin, MSi, Ak.,CA., Direktur Program Pascasarjana Unmer Malang. Tim penguji dan penyanggah dalam sidang ini adalah: Prof. Dr. Agus Sholahuddin, M.S. sebagai promotor, Dr. Kridawati Sadhana, M.S. sebagai ko-promotor, Prof. Dr. Bambang Satria, S.H., M.H., Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M. Ag., Dr. Praptining Sukowati, SH.,M.Si., dan Dr. Drs. Tommy Hariyanto, MS. sebagai penyanggah internal, serta Prof. Dr. Ruminiati, M.Si sebagai penyanggah eksternal dari Universitas Negeri Malang. Selama sidang, pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan oleh para penguji dan penyanggah ditanggapi dengan baik oleh promovendus.

 

Sidang Promosi Doktor ini merupakan ujian akhir tahap kedua bagi promovendus. Dalam ujian akhir tahap pertama yang bersifat tertutup pada 23 Maret 2019, Subandi telah dinyatakan lulus. Promovendus berhak menyandang gelar doktor setelah disertasinya diterima dalam dua tahap ujian akhir disertasi tersebut dan dengan demikian telah menyelesaikan pendidikan program doktor yang ditempuhnya.

 

a

Prof. Dr. Agus Sholahuddin, M.S. sebagai promotor menyerahkan ijazah kepada Dr. H. Subandi, M.M.

 

Dalam kesempatan yang diberikan oleh rektor Unmer Malang sebelum menutup sidang, Dr. Subandi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh penguji dan penyanggah atas bimbingan yang telah diberikan selama menempuh program doktor. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada istri dan anak beliau yang senantiasa memberikan dorongan untuk konsisten menyelesaikan pendidikannya.

 

Di akhir acara, ucapan selamat mengalir dari para manajemen dan staf PPPPTK PKn dan IPS sekaligus PPPPTK BOE yang dipimpin oleh promovendus, juga dari keluarga dan seluruh undangan yang hadir mengikuti jalannya sidang terbuka.

 

Penulis: Tricahyo Abadi

Foto: Tricahyo Abadi

Search