Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

PPPPTK PKn dan IPS Isi Ramadan dengan Pembinan Kerohanian Pegawai

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS) menyelenggarakan pembinaan kerohanian bagi pegawai dan karyawan, Senin (27/05/2019). Untuk mengisi acara, PPPPTK PKn dan IPS mengundang Ustaz Farid Hamidy, Lc. dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang guna menyampaikan tausiah menjelah buka puasa bertema “Hikmah Ramadan”.

Muhammad Muhajir melantunkan ayat Al-Quran membuka acara.
Muhammad Muhajir melantunkan ayat Al-Quran membuka acara.

 

Kegiatan dilangsungkan dengan sederhana, diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Dr. Muhammad Muhajir, S.Pd., M.Pd., salah satu widyaiswara Departemen SD PPPPTK PKn dan IPS, dilanjutkan dengan sambutan Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Drs. H. Subandi, M.M., kemudian masuk acara inti tausiah.

 

a
Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Drs. H. Subandi, M.M., menyampaikan sambutan.

 

Ustaz Farid menyampaikan dua rangkuman hikmah Ramadan. Pertama, beliau menyampaikan bahwa  hendaknya Ramadan diisi dengan kegiatan yang dapat disingkat dengan “PUASA”, yaitu: Patuhi peraturan, menjaga Ucapan, ber-Amal sholeh, Santuni fakir miskin anak yatim, dan Allah tujuannya. Kedua, beliau mengambil hikmah bulan puasa dari makna Ramadan yang berarti panas membakar. Ustaz Farid menuturkan bahwa bulan puasa memang saatnya bagi kita untuk membakar dosa, sifat-sifat buruk/tercela, setan, dan lemak.

 

a
Ustaz Farid Hamidy, Lc. dari Kemenag Kota Malang menyampaikan tausiah.

 

a
Pegawai PPPPTK PKn dan IPS menyimak tausiah yang disampaikan Ustaz Farid.

 

Ustaz Farid menyampaikan tausiah dengan jenaka, melempar humor-humor segar tapi mengena. Meski dapat menahan lapar dan dahaga, hadirin nampak tidak dapat menahan tawa akibat kelakar beliau. Tak terasa waktu buka puasa tiba. Acara ditutup dengan buka puasa bersama dan ramah tamah untuk mempererat silaturahmi pegawai dan karyawan, yang merupakan salah satu tujuan kegiatan pembinaan pegawai kali ini.

 

Penulis: Tika Putri Wulansari, S.Pd.

Penyunting: Tricahyo Abadi

Foto: Mamik Suryono Kusdi

Search