Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Pustekkom Kemendikbud Gelar Diseminasi Pemanfaatan Rumah Belajar

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) menggelar diseminasi portal Rumah Belajar di PPPPTK PKn dan IPS, Kamis (13/06/2019). Pustekkom mengenalkan Rumah Belajar beserta seluruh fitur dan kontennya di hadapan lima puluh peserta dari unsur pejabat struktural, Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), dan staf di lingkungan PPPPTK PKn dan IPS.

Sumarno, PTP Pustekkom, memaparkan kebijakan pemanfaatan portal Rumah Belajar
Sumarno, PTP Pustekkom, memaparkan kebijakan pemanfaatan portal Rumah Belajar.

 

Kasubbid Aplikasi dan Pengendalian Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web Pustekkom, Hendriawan Widiatmoko, mengusung  tim yang terdiri dari: Sumarno (PTP Ahli Utama), Yan Setiawan (PTP yang menangani Rumah Belajar dan pemanfaatannya), Saleh Sarifudin (PTP bidang Radio dan Televisi Edukasi), I Made Bhudi Saputra (Tim Teknis Perancang Aplikasi Portal Belajar), dan Novi Rachmawati (staf  Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web).

Hendriawan menuturkan  bahwa tahun ini Pustekkom tengah mendapat mandat untuk mengembangkan konten-konten Rumah Belajar untuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Menurut Hendriawan, SILN sangat membutuhkan konten-konten tentang Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang merupakan materi utama PPPPTK PKn dan IPS. Hendriawan juga mengemukakan bahwa dari hasil koordinasi sebelumnya, Kemendikbud berharap sinergi manajemen, PTP, serta widyaiswara Pustekkom dan PPPPTK PKn dan IPS, mengakselerasi pengayaan konten Rumah Belajar.

“Kerja sama Pustekkom dengan PPPPTK PKn dan IPS ke depan tidak hanya berupa pengintegrasian konten tetapi juga pengembangan konten dan pemanfaatan pembelajaran jarak jauhnya (blended learning),” ujar Hendriawan.

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. Subandi, M.M., menyambut baik upaya mempererat jalinan kerja sama dengan Pustekkom. Menurut beliau, Peran Pustekkom yang mengemban tugas mulia Kemendikbud mencerdaskan anak bangsa melalui TIK termasuk Rumah Belajar sangat vital bagi PPPPTK PKn dan IPS. 

Subandi menyampaikan bahwa beliau bersama Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto, telah menyepakati pengintegrasian aplikasi video pembelajaran Penguatan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila yang telah diproduksi oleh PPPPTK PKn dan IPS  ke dalam konten TV Edukasi Pustekkom. 

"Program dan modul Wawasan Kebangsaan yang dirancang kekinian dan menyenangkan telah disiapkan oleh PPPPTK PKn dan IPS, tinggal mengajukan anggaran. Program tersebut tentu akan berjalan lebih baik bila didukung Pustekkom," ungkap Subandi.

Saleh, menjelaskan berbagai fitur yang disediakan Rumah Belajar.
Yan Setiawan, PTP yang menangani Rumah Belajar dan pemanfaatannya.

 

Rumah Belajar adalah portal konten pembelajaran berbasis web dan Android yang disediakan gratis bagi pendidik dan peserta didik mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). 

Dalam fitur utamanya, Rumah Belajar memiliki delapan kelompok konten, yaitu: Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Rumah Belajar juga menu fitur pendukung yang memiliki tiga kelompok konten, yaitu: Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. 

Para widyaiswara, PTP, dan staf PPPPTK PKn dan IPS serius mengikuti diseminasi Rumah Belajar.
Para widyaiswara, PTP, dan staf PPPPTK PKn dan IPS serius mengikuti diseminasi Rumah Belajar, mengakses Rumah belajar dari laptop maupun Android.

 

Kegiatan diseminasi ini sejalan dengan Surat Edaran Mendikbud 9 tahun 2018 tentang Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Melalui edaran tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy mengimbau seluruh satker untuk melakukan optimalisasi pemanfaatan Rumah Belajar.  

Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, Pustekkom berencana menetapkan tim penanggung jawab pemanfaatan rumah belajar yang terdiri dari tim teknis, PTP, dan Widyaiswara di tiap PPPPTK. 

 

Penulis: Tricahyo Abadi

Foto: Mamik Suryono Kusdi

 

Search