Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Pembinaan Kepegawaian tentang Batas Usia Pensiun

Subbagian Tata Laksana dan Kepegawaian (Subbag TLK) PPPPTK PKn dan IPS menyelenggarakan Pembinaan Kepegawaian terkait Batas Usia Pensiun, Senin (17/06/2019). Kepala Subbag TLK, Hj. Juliasih, S.H., menjadi narasumber dalam kegiatan internal yang dihadiri seluruh manajemen dan staf PPPPTK PKn dan IPS ini.

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M., menyampaikan arahannya kepada seluruh pegawai.
Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M., menyampaikan arahannya kepada seluruh pegawai.

 

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M., mengawali arahannya dengan mengenang kekompakan yang selama bekerja bersama para pegawai yang menjelang pensiun tahun ini: satu orang pejabat pengawas (Dwi Kesit Birawasih, Kepala Seksi Evaluasi), satu orang pejabat fungsional (Widarwati, widyaiswara) dan dua orang pejabat pelaksana (Mulyono dan Suwarno, staf Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga).

"Semua bermula dari bawah," kenang Subandi, "Siapa yang tahu 'wolak-waliking jaman' hingga kita sampai pada jabatan kita saat ini."

Menurut Subandi, kesempatan meniti karier terbuka bagi semua pegawai berkat program pemberdayaan pegawai (human resource empowerment) yang dilakukan terus menerus oleh lembaga. 

"Setelah kesempatan me-refresh pikiran dalam liburan lebaran kemarin, program pembinaan pegawai kali ini adalah dalam rangka kembali meningkatkan motivasi kerja pegawai," jelas Subandi, "kita mulai kembali menggenjot kegiatan tugas dan fungsi lembaga yang telah kita rencanakan dengan penuh kedisiplinan."

Mengenai kedisiplinan pegawai, Subandi kembali menegaskan bahwa setiap ASN tunduk pada aturan yang berlaku, manajemen maupun staf tanpa kecuali.

Seluruh pegawai berfoto bersama seusai kegiatan pembinaan.
Seluruh pegawai berfoto bersama seusai kegiatan pembinaan.

 

Juliasih mengisi sesi utama dengan membeberkan aturan-aturan mengenai hak-hak pegawai memasuki usia pensiun, baik dalam jabatan administrasi maupun fungsional, khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Peraturan Kepala BKN Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Masa Persiapan Pensiun. 

Mengutip PP Nomor 11, Juliasih menyampaikan bahwa Batas Usia Pensiun adalah batas usia PNS harus diberhentikan dengan hormat dari PNS.

Berkaitan dengan tujuan kegiatan pembinaan pegawai kali ini, Juliasih menuturkan itu sejalan dengan pertimbangan dibuatnya perka BKN tersebut, yaitu guna mempersiapkan PNS agar menikmati masa setelah pensiun dengan produktif, sehat, dan bahagia. 

 

Penulis: Tricahyo Abadi

Foto: Mamik Suryono Kusdi, Moch. Effendy S.W.

Search