Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Workshop Uji Keterbacaan dan Revisi Unit Pembelajaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Mapel PPKn dan Sejarah SMA/SMK

PPPPTK PKn dan IPS menyelenggarakan Workshop Uji Keterbacaan dan Revisi Unit Pembelajaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Mapel PPKn dan Sejarah SMA/SMK, Selasa hingga Sabtu (18 - 21 Juni 2019). Workshop ini melibatkan penyusun unit pembelajaran atau modul dan 56 peserta dari para guru SMA dan SMK. 

Gatot Malady, widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS penyusun unit pembelajaran/modul, menjadi narasumber workshop.
Gatot Malady, widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS penyusun unit pembelajaran/modul PKP, menjadi narasumber workshop.

 

Bersama penyusun yang terdiri dari widyaiswara dan guru, para peserta yang merupakan calon pengguna unit pembelajaran/modul meninjau kembali unit pembelajaran/modul yang telah dirancang oleh para pengembang dan melakukan revisi yang diperlukan. 

Sementara itu, para pengembang teknologi pembelajaran (PTP) PPPPTK PKn dan IPS bertugas merancang tata letak (layout) agar menghasilkan unit pembelajaran/modul yang tidak hanya menarik dan mudah dibaca, tapi juga mudah dipahami.

Peserta uji keterbacaan tengah menelaah unit pembelajaran/modul.
Peserta uji keterbacaan tengah menelaah unit pembelajaran/modul.

 

Uji keterbacaan unit pembelajaran/modul merupakan salah satu dari rangkaian tahapan kegiatan penyusunan unit pembelajaran/modul PKP. Tahapan kegiatan tersebut adalah: (1) penyamaan persepsi, (2) analisis pemetaan KD, UN, dan modul, (3) rakor prapenulisan, (4) penulisan, (5) uji keterbacaan dan revisi, (6) penyusunan soal, dan diakhiri dengan (7) finalisasi penulisan. 

 

Penulis: Tricahyo Abadi

Fotografer: Mamik Suryono Kusdi, Moch. Effendy S.W.

Search