Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Previous Next

MGMP PPKn SMP Kabupaten Grobogan Perdalam Pemahaman tentang PKB dan HOTS

Musyawarah Guru Mata Pelajaran PPKn (MGMP PPKn) SMP Kabupaten Grobogan mengadakan kunjungan belajar ke PPPPTK PKn & IPS guna meningkatkan pemahaman anggota MGMP tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Senin (08/07/2019). Rombongan disambut oleh Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Sri Utami, didampingi Kepala Seksi Penyelenggara, Mujiono Hariyanto. 

PPPPTK PKn & IPS menyajikan tiga sesi presentasi. Pada sesi pertama, Kepala Seksi Program Fariziah Choirunisah memaparkan program-program PPPPTK PKn & IPS. Selain program yang telah ada pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Fariziah juga menjelaskan bahwa PPPPTK PKn dan IPS melayani program kerja sama dan mekanismenya dengan mitra lembaga seperti dinas pendidikan atau MGMP.

Fariziah memaparkan program PPPPTK PKn dan IPS.
Fariziah memaparkan program PPPPTK PKn dan IPS.

 

"MGMP silakan berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten/kota untuk melakukan MoU program kerja sama dengan kami. Kegiatan bisa dilaksanakan di PPPPTK PKn & IPS atau di daerah dengan kami menyediakan narasumbernya," ujar Fariziah.

Sesi kedua diisi pembahasan mengenai pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi oleh Gatot Malady, widyaiswara yang mengepalai Departemen PPKn. Gatot menguraikan ruh pembelajaran berorientasi HOTS dengan analogi-analogi sederhana yang mudah diterima oleh audiens. 

Gatot Malady menyampaikan pembelajaran HOTS.
Gatot Malady menyampaikan pembelajaran HOTS.

 

Gatot mengumpakan, "Ibaratnya jika selama ini kita mengajarkan 'cara membuka pintu', (yaitu berjalan ke arah pintu, memegang tuas pintu dan menariknya untuk membukanya), maka dalam pembelajaran HOTS adalah bagaimana mengajarkan mengenai misalnya: 'mengapa ada pintu di sana', atau 'ada apa di balik pintu itu'." 

Sesi terakhir diisi oleh Aldi, widyaiswara Departemen PPKn, yang menyampaikan tentang program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi. Program PKP menurut Aldi merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Salah seorang anggota MPGMP PPKn SMP Kabupaten Grobogan menyampaikan pertanyaan.
Salah seorang anggota MPGMP PPKn SMP Kabupaten Grobogan menyampaikan pertanyaan.

 

 Program PKB sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional.

“Program PKP ini lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada HOTS,” tutur Aldi.

Search