Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Guru Inti dan Guru Sasaran punya Rumah Belajar.

Makasar, Somba Opu, 21 September 2019

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi yang digagas oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang saat ini sedang berlangsung di Makasar sejak tgl 18-24 September 2019 dan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK/P4TK) PKn dan IPS, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghadirkan Guru-Guru dari Wilayah Indonesia Timur yang akan dicetak menjadi Guru Inti digembleng dengan berbagai macam metode salah satunya adalah pembelajaran HOT ( High Order Thingking )

yang bertujuan untuk menghasilkan Guru-guru yang mampu berpikir kritis dengan penalaran yang baik, Kreatif dan inovatif yang akan mengimbaskan kepada Guru-Guru sasaran di Pusat Belajarnya masing-masing melalui Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) yang harapannya akan menghasilkan siswa-siswi dan lulusan yang memiliki kemampuan berpikir kritis, Kreatif, Inovatif dan memiliki kompetensi sesuai dengan jamannya. Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pkn dan IPS, DR. H. Subandi, MM. menyampaikan pada saat Pembukaan untuk dapat memanfaatkan Rumah Rumah Belajar yang disediakan GRATIS oleh Pustekkom Kemdikbud. Guru jaman Now menurut Subandi juga harus melek IT.

Masih menurut Subandi, Program PKP ini akan dilaksanakan di Kabupaten masing-masing Guru Inti ini berada. Sepulang dari Pelatihan di Makasar mereka akan langsung melaporkan kepada Dinas Pendidikannya masing-masing untuk diskusi tentang strategi implementasi program PKP diwilayahnya. Guru Inti yang lulus melalui Diklat akan melatih Guru Sasaran di Pusat-Pusat Belajar di Kabupatennya masing-masing dengan berbasis Zonasi.

Senada dengan yang disampaikan Subandi bahwa Pelaksanaan Pelatihan bagi Guru Sasaran di Pusat Belajar di masing-masing Zona diperkirakan akan dapat dimulai pada tanggal 28 September 2019 ujar M. Toni Satria Dugananda, ST, MM. selaku Ketua Panitia dan sekaligus Kepala Seksi Data dan Informasi PPPPTK PKn dan IPS yang berada di Kota Batu Provinsi Jawa Timur yang akrab dipanggil Mas Toni. Dalam Pelatihan Guru Inti di Makasar yang dilaksanakan oleh PPPPTK PKn dan IPS menghadirkan juga Nara Sumber (NS) Nasional yang juga telah dilatih dan dinyatakan Lulus yang berasal dari Unsur Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Mata Pelajaran PKn dan IPS. Masih menurut Toni bahwa Pelaksanaan Program PKP ini akan dilaksanakan selama 5 Minggu dengan Pola In-On-In dengan skema 5 kali in dan 3 kali on diselenggarakan di Pusat Belajar pada zonanya masing-masing.

Pada penjelasan teknis Toni juga menyampaikan dan mensosialisasikan pemanfaatan Rumah Belajar yang dapat dipergunakan oleh Guru dalam melaksanakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), disamping materi-materi Utama Program PKP termasuk e-monev, SIM PKB, Pembelajaran Hot, dll yang harus diserap oleh para Guru Inti yang diberikan oleh Widyaiswara hebat dari PPPPTK PKn dan IPS.

Rumah Belajar adalah Portal Belajar bagi Guru, Siswa, Orang tua dan Komunitas untuk bisa saling berbagi dan mendapatkan beragam informasi seputar pembelajaran, media, bahan dan soal ujian,dll yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikelola oleh Pustekkom. Toni juga berpesan kepada Guru Inti dan Dinas Pendidikan untuk bisa mensosialisasikan Rumah Belajar pada Guru Sasaran saat membuka kegiatan PKP. Disamping itu juga Dinas  dapat juga mengisi Materi tentang PKB melalui PKP berbasis Zonasi sekaligus mengenalkan tentang Rumah Belajar. Alamat Portal Rumah Belajar di rumah.belajar.kemdikbud.go.id atau di laman belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/Account/Register

Pada kesempatan Pelatihan ini disalah satu kelas yang diampu oleh Widyaiswara Senior PPPPTK PKn dan IPS  Dra. Hj. Widarwati, M. S. Ed., M. Pd. juga disampaikan materi sosialisasi Singkat tentang Rumah Belajar dan seluruh peserta diajak untuk melakukan Registrasi dan Login ke Laman Rumah Belajar yang disediakan Pustekkom , Kemdikbud.

 

Search