Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Previous Next

PPPPTK PKn dan IPS Gelar IHT Pemantapan Aktualisasi Sasaran Kinerja Pegawai Berbasis Elektronik (E-SKP)

Kinerja pegawai harus terus ditingkatkan guna menciptakan lembaga yang mampu menjalankan tugas fungsinya, dan mampu melayani pendidik dan tenaga kependidikan secara profesional. Dalam rangka menjawab tuntutan tersebut, maka dilaksanakan In-House Training (IHT) Pemantapan Aktualisasi Sasaran Kinerja Pegawai Elektronik (E-SKP) bagi Pegawai yang bertempat di aula PPPPTK PKn dan IPS, Selasa (28 Januari 2020). IHT ini diikuti oleh 120 orang pegawai dengan narasumber dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM),  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M. memberikan arahan dalam kegiatan IHT.

 

Dalam sesi pembukaan, Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M. menyampaikan arahannya bahwa sejalan dengan reformasi birokrasi pemerintah yang sedang berproses khususnya di lingkungan Kemendikbud, maka semua pegawai harus memiliki kompetensi yang sesuai, berkinerja baik, dan mampu mengikuti perkembangan secara fleksibel. Semua aktivitas dan kinerja pegawai direkam dan diolah melalui aplikasi E-SKP. Selanjutnya, dilakukan evaluasi dan penilaian atas kinerja pegawai dan diterapkan reward dan punishment sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sinta Ayu Kurniawati selaku narasumber dari Biro SDM Kemendikbud menjelaskan E-SKP adalah alat bantu untuk mengadministrasi sasaran kinerja pegawai, mulai dari merekam SKP harian hingga ke Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (PPKP) yang dilakukan oleh pejabat penilai. Secara teknis dan filosofis, Sinta menguraikan sistem yang ada di E-SKP, mulai dari fitur-fitur terbaru yang telah dikembangkan di E-SKP, hingga pada konsekuensi sanksi apabila pegawai tidak mengerjakan pengadministrasian kinerja dengan baik dalam E-SKP. Di sela-sela presentasinya, Sinta juga menjawab dengan baik setiap permasalahan yang dalam sistem E-SKP yang ditanyakan oleh para peserta.

Kegiatan IHT pemantapan aktualisasi E-SKP diperuntukkan bagi seluruh pegawai, termasuk admin atau operator dan pejabat penilai. Semua pegawai harus berkomitmen dalam proses perngerjaan E-SKP secara tertib dan tepat waktu, karena selain sebagai tolok ukur kinerja pegawai, kelancaran E-SKP juga sekaligus menjadi tolok ukur juga bagi kinerja lembaga. 

 

Penulis: Akhmadi

Penyunting: Tricahyo Abadi

 

Search