Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Pembukaan Kegiatan Workshop Daring Guru SMA/SMK

PPPPTK PKn dan IPS menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Daring. Kegiatan workshop yang merupakan bagian dari program Diklat Guru Daring Berinovasi dan Berkarya atau disingkat DIGDAYA PPPPTK PKn dan IPS dilaksanakan pada 18 sampai 25 Juni 2020 dengan peserta sejumlah 105 orang guru yang berasal dari SMA/SMK seluruh Indonesia. Peserta terbagi atas tiga kelas workshop, yaitu Workshop Penyederhanaan RPP Moda Luring dan Daring bagi Guru PPKn Jenjang SMA/SMK, Workshop Strategi Merancang Pengalaman Belajar yang Bermakna dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Daring bagi Guru Sosiologi Jenjang SMA dan Workshop Daring Penyusunan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Ekonomi SMA.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M. Dalam arahannya, pria yang akrab disapa Subandi ini menekankan pada kecakapan utama yang harus dimiliki para guru di abad 21, yaitu ahlak dan karakter, kompetensi dan literasi.  Subandi menambahkan bahwa seorang guru haruslah bekerja secara profesional, strategis dan inovatif. Dalam sambutannya, beliau juga berharap kegiatan workshop daring ini dapat dilaksanakan dan diikuti dengan baik oleh seluruh peserta karena mereka telah terpilih dan terseleksi dari ratusan guru yang mendaftar. Di akhir sambutannya, Subandi menyampaikan pentingnya mengambil hikmah dari pandemi covid-19 untuk terus berkreasi memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. 

Workshop daring kali ini dilaksanakan dengan pola In-On-In Service Learning. Peserta harus mengikuti In Service Learning 1 secara daring tatap muka pada tanggal 18 dan 19 Juni 2020. Kegiatan dilanjutkan dengan On Service Learning pada tanggal 20 sampai 23 Juni 2020, peserta harus belajar mandiri dengan melaksanakan kegiatan dengan membaca modul dan mengerjakan tugas yang telah disediakan melalui platform workshop masing-masing.  Kegiatan terakhir In Service Learning 2 pada tanggal 24 Juni dan dilaksanakan penutupan pada 25 Juni 2020 mendatang.

 

Search