Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

PARADE "WEBINAR SERIES" Membumikan Nilai-Nilai Pancasila melalui Praktik Terbaik Guru sebagai Inspirasi dalam menghadapi Masa Normal Baru bagi Guru SD / MI / SMP / MTs / SMA / MA / SMK / MAK

Kota Batu, Kamis 2 Juli 2020

 

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan WEBINAR SERIES.

WEBINAR SERIES kali ini  mengangkat TEMA : MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PRAKTIK  TERBAIK GURU SEBAGAI INSPIRASI DALAM MENGHADAPI MASA NORMAL BARU BAGI GURU SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK. Webinar Series membumikan nilai-nilai Pancasila melalui praktik terbaik Guru yang lebih dikenal dengan "BEST PRACTICE" dilaksanakan secara on-line / dalam jaringan (DARING) dan diperuntukkan bagi guru di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan program inovasi yang dilakukan oleh PPPPTK PKn dan IPS untuk mengingatkan kembali dan membumikan kembali Nilai-Nilai Pancasila yang ada sesuai dengan Era Jaman Kekinian (Jaman NOW) demikian yang dituturkan oleh Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, MM. yang biasa disapa Pak Subandi.

Webinar Series membumikan nilai-nilai Pancasila melalui praktk terbaik Guru merupakan rangkaian kegiatan dari "Kegiatan Pancasila Goes to Mall  2020 (PGM 2020)" yang dimulai degan kegiatan Penulisan Best Practice (lihat https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/berita-lembaga/496-pendaftaran-seleksi-best-practice-guru-tahun-2020 ). Best Practice ini di ikuti oleh Guru-Guru dari semua jenjang di Seluruh Indonesia. Ada hal menarik dalam penulisan Best Practice ini menurut Pak Subandi, ternyata Guru Indonesia ini adalah Guru "HEBAT". Kenapa ? karena dalam waktu singkat pendaftaran dibuka sampai ditutup tidak kurang dari 200 Naskah Best Practice dikirimkan kepada PPPPTK PKn dan IPS. Ini merupakan salah satu Indikator baik bagi penigkatan mutu Pendidikan di Indonesia. Pengumuman peserta telah dilaksanakan melalui Website Resmi PPPPTK PKn dan IPS (lihat https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/informasi/pengumuman/503-pengumuman-hasil-seleksi-peserta-best-practice-guru-tahun-2020). Dari Hasil Penulisan Best Practice telah berhasil didapatkan 27 orang nama Guru-Guru Hebat yang telah LOLOS di Babak Penyisihan dengan memenuhi Kriteria yang telah ditetapkan oleh TIM PPPPTK PKn dan IPS.

Pada hari ini, Peserta GURU HEBAT yang telah berhasil berjumlah 27 orang Guru dari Seluruh Indonesia yang berhasil LOLOS dalam Penyisihan telah dilakukan pertemuan awal melalui daring oleh PPPPTK PKn dan IPS untuk menerima serangkaian arahan kegiatan selanjutnya oleh Kepala Bidang Program dan Sistem Informasi PPPPTK PKn dan IPS, M. Nasikh Lilsidi. Senin Peserta yang berhasil Lolos di Babak awal ini akan melakukan Gladi Bersih sebagai Narasumber dalam kegiatan WEBINAR SERIES MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PRAKTIK TERBAIK GURU mendampingi Narasumber Utama (Keynote-Speaker). Mereka akan meyampaikan Best Practice yang sudah ditulis. Pendaftaran dan Pengumuman untuk dapat mengikuti WEBINAR ini dapat dilihat di Website resmi kami dan Bagi Bapak dan Ibu Guru yang belum berkesempatan menjadi Peserta Webinar kali ini dapat mengikuti melalui Streaming Youtube resmi PPPPTK PKn dan IPS  pada saat pembukaan. 

Webinar Series membumikan nilai-nilai Pancasila ini merupakan WEBINAR Tingkat Nasional yang akan menghadirkan Narasumber Nasional dan akan dibuka secara Resmi oleh Bapak Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Bapak Dr. Iwan Syahril, Ph. D. dan Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Bapak Dr. H. Subandi, M. M. demikian kata Nasikh. Kegiatan ini juga merupakan penghargaan bagi guru yang telah berhasil di babak penyisihan dalam Penulisan Best Practice untuk menjadi salah satu Narasumber dalam WEBINAR SERIES yang bertingkat Nasional kali ini. Jadwal Kegiatan, Keynote Speaker dan Narasumber tersedia dalam Flyer yang ada pada Website resmi kami.(Into-2020)


 

Search