Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Pembukaan Rakortek Persiapan Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Batu, 22/07/2020. Kegiatan Pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah dilaksanakan secara daring pada Rabu, 22 Juli 2020. Kegiatan yang dimulai pukul 8 pagi ini dihadiri oleh 176 orang Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota dari tiga wilayah wali PPPPTK PKn dan IPS, yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Rakortek diawali dengan laporan dari Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi., M.M. Dalam laporannya, Subandi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan di wilayah provinsi dan kabupaten/kota wali tersebut atas komitmennya untuk terus memajukan dunia pendidikan, khususnya pemberdayaan Kepala Sekolah di tengah keterbatasan di era normal baru saat ini. Subandi menambahkan bahwa ada tiga hal utama yang menjadi agenda rakor kali ini yaitu validasi data calon peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah, sosialisasi dan penjadwalan kegiatan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Santi Ambarukmi, M.Ed. Terdapat empat kebijakan utama terkait Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang beliau sampaikan. Pertama terkait verifikasi data kepala sekolah yang memenuhi persyaratan sebagai calon peserta diklat diharapkan dapat seluruhnya ikut serta pada diklat penguatan kepala sekolah tahun ini. Tiga hal lainnya adalah perubahan pola diklat menjadi pola daring murni, penyesuaian kurikulum dan perubahan strategi yang semuanya disusun sesuai dengan kebutuhan di tengah keterbatasan kondisi dan adaptif terhadap pandemi covid-19. Sebelum mengakhiri sambutan dan membuka kegiatan secara resmi, Santi menyampaikan program Guru Penggerak sebagai program Kemdikbud untuk membentuk pemimpin pembelajar yang diharapkan mampu melakukan perubahan dan pemberdayaan ekosistem, baik di sekolah maupun di sekitar sekolah untuk menjadi lebih maju.  

Rakortek akan berlangsung selama tiga hari hingga 24 Juli 2020 dengan rangkaian kegiatan paparan narasumber dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan dan PPPPTK PKn dan IPS, serta kegiatan verifikasi dan validasi data calon peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota terkait oleh Tim PPPPTK PKn dan IPS.

Search