Berita

Publikasi Berita PPPPTK PKn dan IPS

Workshop Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) Peningkatan Kompetensi Berbasis Massive Open Online Course (MOOC)

Kota Malang, 14 September 2021

Mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat di era Industri 4.0, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS) mengadakan kegiatan “Workshop Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) Peningkatan Kompetensi Berbasis Massive Open Online Course (MOOC)”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai pada Selasa, 14 September 2021, di Hotel Atria, Kota Malang.

Foto 1 : Laporan Ketua Panitia, Akhmadi, S.Pd., M.M. 

Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan dan pertumbuhan kemampuan (abilities), sikap (attitude), dan keterampilan (skill). Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan menghasilkan suatu perubahan perilaku bagi guru yang secara nyata berdampak pada peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di kelas. 

PPPPTK PKn dan IPS sebagi Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengembangan pemberdayaan terhadap guru dan tenaga kependidikan melalui kegiatan peningkatan kompetensi yang salah satunya berbentuk pelatihan. PPPPTK PKn dan IPS terus berusaha untuk mengembangkan berbagai macam pola peningkatan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan serta sesuai dengan perkembangan zaman.

Perkembangan teknologi informasi turut merubah paradigma PPPPTK PKn dan IPS dalam melaksanakan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan yang sebelumnya dilaksanakan secara tatapa muka dan daring yang masih terkendala batas ruang, waktu dan jumlah sasaran menjadi tidak terbatas ruang, waktu dan sasaran. Saat ini kita telah mengenal konsep Massive Open Online Course (MOOC) sebagai jawaban atas masalah keterbatasan ruang, waktu dan sasaran dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi. MOOC adalah sebuah platform pembelajaran yang memungkinkan bagi siapapun, kapanpun dan dimanapun untuk mengakses pembelajaran. MOOC merupakan sistem pembelajaran berupa kursus online yang diselenggarakan secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tanpa batas yang dapat diakses melalui web

Foto 2 : Sambutan Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Dr. H. Subandi, M.M.

Workshop ini dihadiri oleh 52 peserta dan menghadirkan 3 narasumber dari luar PPPPTK PKn dan IPS yaitu Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd, Basith Rahmatullah, M.Pd., dan Yulias Prihatmoko, M.Pd.. Kegiatan ini dibuka dengan Laporan dari Ketua Panitia, Bapak Akhmadi, S.Pd., M.M., dan dibuka dengan sambutan dari Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Bapak Dr. H. Subandi, M.M. dalam Workshop ini diharapkan dapat tersosialisasikannya Konsep dan Teknis Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) MOOC serta Tersusunnya Draft Garis Besar Isi Media (GBIM) MOOC.

“Di era pandemi covid 19 ini, mulai muncul kekhawatiran adanya learning loss karena sistem pendidikan yang tidak siap. Untuk mencegah hal tersebut, kita memanfaatkan teknologi MOOC agar pendidikan tetap berjalan dengan lancar”, ungkap Kepala PPPTK PKn dan IPS dalam sambutannya.

Foto 3 : Narasumber dan developer MOOC PPPPTK PKn dan IPS, Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. 

Karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, kegiatan workshop ini menerapkan protokol kesehatan dan perilaku 3M. Para peserta dihimbau agar saling menjaga jarak satu sama lain dan juga diwajibkan mengenakan masker.

 

Fotografi : Mamik Suryono Kusdi

 

 

Search