Previous Next

Prosedur Penulisan Artikel Jurnal Karakter PPKn dan IPS

Petunjuk bagi (Calon) Penulis Jurnal Karakter PPKn Dan IPS (J-KPI)

 

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Karakter PPKn Dan IPS (J-KPI) meliputi hasil penelitian dan hasil telaah (hanya atas undangan) di bidang kependidikan.
  2. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan 1,5 spasi, khusus abstrak diketik spasi 1 dengan margin masuk 1,2 cm dari badan tulisan). dicetak pada kertas A4 sepanjang maksimum 15 halaman, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 2 eksemplar beserta soft-copy-nya. Pengiriman naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..
  3. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul; nama penulis, abstrak dan kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, serta daftar rujukan.
    1. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 14 poin. b
    2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
    3. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 150 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian. 
    4. Bagian Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf- paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
    5. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel. f
    6. Bagian hasil dan pembahasan. hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel. 
    7. Bagian simpulan dan saran. Simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan dan saran disajikan dalam bentuk paragraph, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel. 
    8. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi).
  4. Sistematika artikel hasil telaah adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris (maksimum 150 kata); kata kunci (antara 3-5 kata); pendahuluan (tanpa judul); yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, dengan panjang10-15%; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian), dengan panjang 70%; simpulan dan saran, dengan panjang 15-20%, dari total panjang artikel; dan daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  5. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Akbar, 2010:28).
  6. Daftar Rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.   

    Daftar-RUjukan-1Daftar-RUjukan-2

  7. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Universitas Negeri Malang, 2017) atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untukpembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
  9. Dewan redaksi berhak menolak naskah berdasarkan masukan dari Mitra Bestari dan membuat perubahan yang diperlukan atau penyesuaian terkait dengan penulisan tanpa mengubah substansi. Editing substansi akan dikonsultasikan dengan penulis terlebih dahulu.
  10. Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial Jurnal Karakter PPKn Dan IPS (J-PKI) tidak dipungut biaya apapun. Biaya pemrosesan artikel dan biaya publikasi ditanggung penerbit Jurnal Karakter PPKn dan IPS (J-PKI).

 

 

 Tim Redaksi Jurnal Karakter PPKn Dan IPS (J-KPI)

Search