RBI

Reformasi Birokrasi Internal

Tim RBI PPPPTK PKn dan IPS Ikuti Rakor Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pejabat struktural di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) tengah mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi selama tiga hari (Rabu sampai dengan Jumat, 7 – 9 Februari 2018) di The Belezza Suite, Jakarta Selatan. Pejabat struktural PPPPTK PKn dan IPS yang hadir sebagai peserta kegiatan ini adalah: 

  1. Drs. Harnoko, M.Pd., Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga
  2. M. Nasikh Lil Sidi, S.Pd., Kasi Penyelenggaraan

 

Narasumber dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud menyampaikan materi.
Narasumber dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud menyampaikan materi.

 

Kegiatan ini bertujuan menyusun program kerja Reformasi Birokrasi Internal tahun 2018. Sebagai narasumber, panitia kegiatan rakor menghadirkan Agam Bayu yang merupakan Kabag Hukum, Tata Laksana, dan Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kemendikbud sebagai pembina program reformasi birokrasi di lingkungan Kemendikbud. Agam Bayu menyampaikan tentang delapan area perubahan reformasi birokrasi sesuai Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 yang tertuang dalam PERMEN PAN-RB No. 11 Tahun 2015. Dalam Road Map tersebut ditetapkan tiga sasaran yaitu: birokrasi yang bersih dan akuntabel; birokrasi yang efektif dan efisien; serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas. Untuk mewujudkan ketiga sasaran reformasi birokrasi tersebut, ditetapkan delapan area perubahan reformasi birokrasi, yaitu mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tata laksana, SDM aparatur, peraturan perundang-undangan, serta pelayanan publik.

 

Selain dari Itjen Kemendikbud, diundang pula narasumber dari satker di lingkungan Ditjen GTK penerima sertifikat penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yaitu PPPPTK BOE, LPMP Jawa Tengah, dan BP PAUD DIKMAS Jawa Timur. Dengan sharing, narasumber itu diharapkan dapat menularkan best practice lembaganya kepada seluruh perserta lain. 

Search