RBI

Reformasi Birokrasi Internal

Previous Next

PPPPTK PKn dan IPS Lakukan Sosialisasi dan Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

PPPPTK PKn dan IPS melakukan sosialisasi sekaligus mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di dalam agenda rapat pembinaan pegawai rutin, Jumat, Maret 2017. Sosialisasi dan Pencanangan ZI WBK/WBBM ini merupakan tindak lanjut dari Pendampingan tata Kelola yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemendikbud, 5 sampai dengan 14 Maret 2017.

 

Harnoko, Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga, dengan Sumadianto Affandi, Kasubbag Perencanaan dan Penganggaran, menyampaikan kembali apa yang telah disampaikan Ketua Tim Pendampingan, M. . Nurdin, S.H., yaitu bahwa kegiatan pendampingan tata kelola ini adalah dalam rangka melakukan pembenahan akuntabilitas organisasi, terutama pada aspek pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana, kepegawaian yang akuntabel dalam mewujudkan organisasi yang bebas dari korupsi terutama di lingkungan Kemendikbud.

 

Usai mendengarkan sosialisasi yang dilakukan oleh manajemen, seluruh pegawai berpose di bawah spanduk pencanangan  Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Usai mendengarkan sosialisasi yang dilakukan oleh manajemen, seluruh pegawai berpose di bawah spanduk pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Dalam kegiatan pencanangan ini, ada tiga istilah yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada instansi yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.
  2. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada ZI yang memenuhi syarat indikator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indikator operasional di antara 80 dan 90.
  3. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada ZI yang memenuhi syarat indikator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indikator operasional 90 atau lebih.

 

Pencanangan Zona integritas ini merupakan tonggak bagi PPPPTK PKn dan IPS berkomitmen mewujudkan WBK dan WBBM.

Search